Jaminan Pelaksanaan

Cari Tahu Yuk Tentang Jaminan Pelaksanaan

Jaminan PelaksanaanDalam suatu kerja sama antara dua belah pihak atau lebih, ada baiknya jika ada suatu kesepakatan hitam diatas putih yang menyertai kerja sama tersebut, apalagi jika nilai kesepakatan dari kerja sama yang terjadi bisa dihitung cukup besar. Dalam sebuah tender, semua proses kesepakatan yang dilakukan oleh pemberi kerja (Obligee) kepada penyedia barang/jasa  mengharuskan adanya suatu bukti resmi, dan Surat Jaminan Pelaksanaan merupakan salah satu surat yang pasti disertakan dalam urusan ini. Menjelaskan tentang apa saja Surat Jaminan Pelaksanaan ?
Untuk lebih jelasnya, semua terangkum dalam penjelasan di bawah ini.

Jaminan Pelaksanaan adalah…

Dari namanya saja kita sudah bisa menebak, mengatur tentang apa Jaminan Pelaksanaan itu. Isi dari Surat Jaminan Pelaksanaan tak beda jauh dengan Surat Jaminan Penawaran. Surat Jaminan Pelaksanaan menyatakan tentang kesanggupan dari penyedia barang/jasa untuk melaksanakan segala hal yang tercantum dalam kesepakatan, yang terkait dengan pelaksanaan pekerjaan. Dan, di surat ini pula dijelaskan bahwa perusahaan asuransi atau bank penjamin rela menanggung segala macam kerugian yang disebabkan oleh ketidakmampuan pihak penyedia barang/jasa (Principal) untuk melaksanakan ketentuan-ketentuan yang dimaksud.

Pada dasarnya, fungsi dari Surat Jaminan Pelaksanaan adalah sebagai bukti sah akan ketentuan kesepakatan. Bukti ini wajib dihadirkan ketika terjadi sesi penandatanganan kontrak kerja oleh pemenang tender itu sendiri. Surat Jaminan Pelaksanaan ini juga berguna sebagai bukti resmi yang dapat digunakan sebagai syarat untuk mencairkan uang kerugian yang diterima dari pihak perusahaan asuransi atau bank penjamin. Surat Jaminan Pelaksanaan sendiri tak bisa dikeluarkan oleh sembarang pihak karena hanya beberapa perusahaan pihak yang bisa menerbitkannya yaitu perusahaan penjamin, perusahaan asuransi dan bank sentral. Dalam hal ini, bank mikro seperti bank perkreditan rakyat tidak bisa menerbitkan Surat Jaminan Pelaksanaan. Surat Jaminan Pelaksanaan biasanya diberlakukan sebagai antisipasi apabila dari pihak penyedia barang/jasa (Principal) tidak dapat menyelesaikan pekerjaaan sesuai dengan jangka waktu yang sudah ditentukan.

Pencairan Jaminan Pelaksanaan

Dalam setiap surat jaminan pelaksanaan, selalu akan disebutkan jumlah pertanggungan yang akan dibayarkan oleh pihak asuransi ataupun Bank terhadap pemberi proyek (Obligee). Besarnya sebenarnya bervariasi, namun di Indonesia telah terjadi kesepakatan bahwa besarnya adalah 5% dari nilai Surat Perjanjian Kerja (Kontrak). Nantinya, Surat Jaminan Pelaksanaan itu akan dikembalikan lagi kepada penyedia barang/jasa jika sampai dengan waktu berakhirnya surat jaminan, penyedia barang/jasa sudah menyelesaikan seluruh kewajibannya, dan pada tanggal itu pula perjanjiannya otomatis berakhir. Surat Jaminan Pelaksanaan dapat diperpanjang jika pihak penyedia barang/jasa belum menyelesaikan kewajiban dan ada kesepakatan untuk itu, namun jika tidak maka uang pertanggungan dapat segera dicairkan. Sangat disarankan untuk perusahaan yang memiliki nilai kontrak besar untuk menyewa jasa akuntan. Hal ini dapat meningkatkan dukungan financial bagi perusahaan dan menghindarkan dari kerugian.

Rate Penerbitan Jaminan Pelaksaan

Berikut ini adalah Rate Penerbitan Jaminan Pelaksanaan via Asuransi dan Bank (Tanpa Collateral 100%) yang kami tawarkan :

JAMINAN PROYEK/PEKERJAAN (SURETY BOND & BANK GARANSI)

JENIS JAMINAN

RATE / 3 Bulan

DATA-DATA
YANG DIPERLUKAN

SURETY BOND

BANK GARANSI

Jaminan Penawaran
(Bid Bond)

0,30%

3,0%

Dokumen Pengadaan

Jaminan Pelaksanaan
(Performance Bond)

0,35%

3,5%

SPPBJ

Jaminan Uang Muka
(Adv. Payment Bond)

0,40%

4,0%

Surat Perjanjian (Kontrak)

Jaminan Pemeliharaan
(Maintenance Bond)

0,35%

3,5%

Kontrak dan BAST

♦ Rate diatas tidak berlaku untuk nilai minimum  – exclude Biaya Administrasi untuk
Surety Bond Rp.  30.000,- dan exclude Biaya Administrasi untuk Bank Garansi Rp. 500.000,

♦   Rate diatas masih bisa dinegosiasikan sesuai dengan nilai jaminan dan jangka waktunya

Merupakan kebanggan bagi kami dapat bekerjasama dengan Anda, semoga ini merupakan langkah awal kita untuk menjalin kerjasama dengan baik dan berkesinambungan di masa yang akan datang. Silahkan menghubungi Costumer Service kami yang siap membantu anda untuk penerbitan Bank Garansi ataupun Surety Bond.

 

Incoming search terms:

  • jaminan pelaksanaan
  • jasa pembuatan bank garansi
  • jasa bank garansi
  • cara membuat bank garansi
  • jaminan pelaksanaan proyek
  • syarat pembuatan bank garansi
  • biaya pembuatan bank garansi
  • cara menghitung bank garansi
  • surat bank bergaransi
  • jaminan bank garansi dan asuransi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *